Tuesday, October 16, 2012

Naik Haji, Wapres Batal Hadiri Hari Pangan

  Wakil Presiden Boediono
PALANGKARAYA, - Pembatalan kehadiran Wakil Presiden Boediono pada puncak peringatan Hari Pangan se-Dunia (HPS) Tingkat Nasional karena ia akan naik haji. Acara itu diadakan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 18 Oktober 2012 sementara Boediono sudah harus berangkat pada 19 Oktober mendatang.
Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini di Palangkaraya, Selasa (16/10/2012), mengatakan, pihaknya sudah menerima surat resmi dari sekretaris wapres mengenai ketidakhadiran Boediono.
Surat itu diterima pekan lalu. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri puncak peringatan HPS namun tidak bisa datang. Wapres juga berhalangan hadir. "Wapres kemudian diharapkan bisa datang karena presiden tidak bisa hadir," ujarnya.
Karena itu, Wapres telah menugaskan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa untuk datang. Sementara, rencana Presiden untuk tidak menghadiri HPS diketahui dua pekan lalu. Namun, Banun tak menjelaskan agenda presiden yang membuatnya berhalangan hadir pada puncak peringatan HPS.
Sekretaris Daerah Kalteng Siun Jarias mengatakan, bangunan fisik untuk peringatan HPS tidak bisa diubah meski Presiden dan Wapres tak hadir. Bangunan tersebut sudah selesai didirikan. Pemerintah Provinsi Kalteng masih membahas, apakah anggaran pengamanan presiden akan dipakai atau tidak.
"Presiden dan wapres batal hadir. Anggaran pengamanan harus dibahas karena standar untuk presiden dan menteri berbeda," ujarnya.

0 comments: