Wednesday, October 24, 2012

Makhluk - Makhluk Dalam Legenda & Mitos ( BAGIAN 2)

Abatwa


Abatwa adalah simbol perdamaian dan ketentraman bagi orang Afrika. Ukurannya lebih kecil dibandingkan manusia dewasa. Hidup di daerah Afrika Selatan. Sangat pemalu, dan hanya mau menampakkan diri pada anak-anak balita, penyihir, dan perempuan hamil. Seorang perempuan hamil yang melihat Abatwa perempuan, bisa memastikan bahwa kelak akan melahirkan anak laki-laki. Begitu pula sebaliknya, jika ia melihat Abatwa laki-laki, maka kelak akan mendapatkan bayi perempuan.

Dullahan

Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Matanya besar dan mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memilik warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang yang akan mati, kemudian saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.


Kobold

Kobold adalah makhluk legendaris yang hidup dalam gua-gua atau dunia bawah tanah dalam mitologi Jerman. Kata Kobold dalam bahasa Jerman berarti "jiwa jahat", dan makhluk ini disamakan dengan Goblin dalam cerita rakyat dan dongeng-dongeng Inggris. Kobold merupakan makhluk yang berukuran kecil, menghuni tambang-tambang (karena mengacu pada gua dan dunia bawah tanah), dan Kobold merupakan makhluk yang sejenis dengan Leprechaun atau Gnome.


The Nemean Lion

The Nemean lion adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Nemean Lion adalah anak dari Typhon dengan Echidna, saudara Theban Sphinx.Diceritakan bahwa Nemean Lion dikalahkan oleh Hercules dengan tangan kosong karena tidak ada senjata yg dapat melukai Nemean Lion. Setelah Nemean Lion dikalahkan, kulitnya dijadikan mantel oleh Hercules.


Tiamat

Tiamat adalah monster/dewi dalam mitologi Babilonia dan Sumeria, dan tokoh utama dalam kisah penciptaan Enûma Elish. Masih satu ras dengan ras Dragon. Memiliki banyak kepala berwarna warni yang melambangkan elemen kekuatannya.

Huang Long
Huang Long digambarkan tidak bertanduk (kebanyakan naga-naga Cina semuanya bertanduk) dan muncul dari Sungai Luo. Huang Long memberikan kepada Kaisar Fu Xi pengetahuan bahasa tulis. Menurut legenda, waktu muncul di hadapan kaisar, Huang Long turun dari langit, melewati lubang di angkasa yang diciptakan monster bernama Kung Kung. Elemen Huang Long adalah tanah. Digambarkan pula saat Huang Long bangun, adalah siang, ketika Huang Long tidur maka saat itu malam. Juga napas Huang Long mengendalikan cuaca dan musim.

Hellhound

Hellhound ini satu kelas dengan cerberus, disebut juga anjing neraka (dog of Hell). Seekor Hellhound tampak sebagai anjing hitam dengan mata berwarna merah dan berapi. Ukuran mereka bervariasi dari seukuran Labrador Retriever hingga sebesar beruang Grizzly. Ukuran tersebut sesuai proporsi kekuatan mereka, tetapi tidak berhubungan dengan kecerdasan. Bulunya selalu pendek; telinga runcing dan tidak pernah terkulai; ekor lurus dan berbulu jarang.

Azazil

Azazil (Inggris: Azazel, Izazil) adalah nama asli dari Iblis dan merupakan nenek moyang para Jin. Menurut legenda bahwa sebelum diciptakannya Adam, Azazil pernah menjadi Imam para Malaikat atau Sayyid al-Malaikat (Penghulu para Malaikat), Khazin al-Jannah (Bendaharawan Surga) dan Abu al-Jan (Bapak para Jin).
Sebelum dilaknat oleh Allah, Azâzîl memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat karubiyin dan masih banyak lagi.
Setelah ia enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah merubah mukanya, pada asalnya yang sangat indah cemerlang menjadi bentuk seperti babi hutan. Allah merubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan terdapat janggut sebanyak tujuh helai.

Domovoi

Domovoi adalah roh yang menguni rumah dalam cerita rakyat Slavia. Domovoi adalah makhluk jantan, berukuran kecil, kadang-kadang tubuhnya ditutupi rambut. Menurut beberapa tradisi, domovoi mengambil wujud pemilik rumah saat itu ataupun pemilik rumah sebelumnya, kadang-kadang dengan ekor atau tanduk kecil. Ada banyak kisah ketika tetangga melihat pemilik rumah di halaman padahal sebenarnya sang pemilik rumah sedang tidur di kamarnya. Domovoi juga bisa berubah menjadi kucing atau anjing.

Kikimora


Kikimora adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Kikimora termasuk dalam makhluk penghuni rumah dan kadang-kadang dikatakan menikah dengan Domovoi. Kikimora biasanya tinggal di balik kompor atau di gudang bawah tanah.
Jika para pekerja yang membangun rumah merasa tidak senang pada pemlik rumah maka mereka bisa mengundang Kikimora untuk menghantui rumah itu dengan cara menaruh sebuah boneka mirip Kikimora di balok utama atau di bawah sudut depan rumah. Sekali menghuni suatu rumah, Kikimora sulit untuk disingkirkan.
Jika rumah dirawat dengan baik, maka Kikimora akan ikut menjaga ayam-ayam. Namun jika tidak, Kikimora akan memecahkan piring dan membuat keributan di malam hari. Kikimora juga keluar di malam hari untuk menenun. Barang siapa yang melihat Kikimora sedang menenun maka dia akan segera mati. Untuk menentramkan Kikimora, seseorang harus mencuci semua panci dan wajan dengan teh pakis. Batu ular atau ranting junifer digantung di atas kadang ayam untuk melindungi ayam dari Kikimora.

Kuda Betina Diomedes

Dalam mitologi Yunani, Kuda betina Diomedes atau Kuda betina Thrakia adalah kuda pemakan manusia yang liar dan tak terkendali. Kuda ini berjumlah empat ekor. Mereka adalah milik raksasa Diomedes, raja Thrakia, anak Ares dan Kirene yang tinggal di pesisir Laut Hitam. Bucephalus, kuda Alexander Agung dikatakan merupakan keturunan dari kuda-kuda ini. Herakles diharuskan menangkap kuda-kuda ini dalam rangka menyelesaikan tugas kedelapannya.

0 comments: