Wednesday, October 24, 2012

Makhluk - Makhluk Dalam Legenda & Mitos ( BAGIAN 3)

Lailaps/Lealaps

Dalam mitologi Yunani, Lailaps adalah seekor anjing yang tidak pernah gagal menangkap buruannya. Lailaps merupakan hadiah dari Zeus untuk Europa. Anjing ini kemudian diwariskan pada raja Minos. Minos memberikan Lailaps pada Prokris dan Kefalos. Kefalos meyuruh Lailaps untuk memburu Rubah Teumessia, seekor binatang yang tak pernah bisa ditangkap. Maka Lailaps, yang tak pernah gagal menangkap mangsanya, berusaha memburu seekor hewan yang tak pernah bisa ditangkap. Zeus melihat peristiwa ini dan mengubah kedua hewan tersebut menjadi batu.

Rubah Teumassian

Dalam mitologi Yunani, Rubah Teumessia adalah rubah raksasa yang ditakdirkan tak akan pernah bisa ditangkap. Rubah ini adalah anak dari Echidna. Rubah ini dikirim oleh para dewa (kemungkinan Dionisos) untuk memangsa anak-anak di kota Thebes sebagai hukuman atas kejahatan kota tersebut. Kreon menyuruh Kefalos untuk membunuh hewan ini. Kefalos menggunakan Lailaps, anjing yang selalu bisa menangkap buruannya, untuk menangkap rubah Teumessia. Perburuan dua hewan ini membuat Zeus mengubah keduanya menjadi batu.

Fenrir

Dalam mitologi Nordik, Fenrir atau Fenrisúlfr atau Hróðvitnir atau Vánagandr adalah seekor serigala raksasa. Fenrir diceritakan dalam Puisi Edda, kumpulan puisi yang dikumpulkan pada abad ke-13 dari sumber-sumber tradisional, dan Prosa Edda serta Heimskringla, yang ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson. Dalam Puisi Edda maupun Prosa Edda, Fenrir merupakan ayah dari serigalas Sköll dan Hati Hróðvitnisson. Fenrir adalah anak dari Loki, dan diramalkan akan membunuh dewa Odin dalam Ragnarök (bukan Ragnarök game lho . . . ), tetapi Fenrir akan mati dibunuh oleh putra Odin, Vidarr.
Dalam Prosa Edda, ada informasi tambahan mengenai Fenrir, salah satunya adalah mengenai tindakan para dewa yang berusaha mengikat Fenrir, yang tumbuh dengan cepat, supaya hewan tersebut tidak menimbulkan bencana. Dalam usahanya mengikat Fenrir, dewa Týr kehilangan tangan kanannya akibat gigitan sang serigala.

Soucouyant/Loogaroo

Soucouyant atau Loogaroo adalah makhluk dalam mitologi Karibia yang mirip dengan vampir. Loogaroo adalah perempuan tua yang bersekutu dengan iblis. Dia memiliki kekuatan gaib dengan syarat setiap malam harus memberi persembahan darah pada iblis. Jika syarat itu tidak terpenuhi maka sang iblis akan mengambil darah dari perempuan itu sampai mati.
Loogaroo bisa menanggalkan kulitnya (biasanya dilakukan di bawah "Pohon Iblis", yaitu pohon kapas sutra) dan berubah menjadi nyala api atau bola cahaya biru lalu bergentayangan sepanjang malam untuk mencari darah untuk persembahannya. Setelah mengumpulkan cukup banyak darah, dia akan kembali memakai kulitnya dan berubah menjadi manusia.
Jika melihat biji-bijian yang tercecer, Loogaroo akan berhenti dan menghitung semuanya, oleh karena itu gundukan pasir atau biji sering disimpan di depan pintu untuk berjaga-jaga dari serangan Loogaroo, setidaknya sampai pagi hari. Dalam beberapa cerita, kulit longaroo yang disimpan di Pohon Iblis juga bisa diambil oleh orang lain supaya Loogaroo tak bisa menemukan kulitnya.

Strigoi

Strigoi adalah roh yang bangkit dari dalam kubur. Menurut mitologi Romania, strigoi dapat hidup bersama manusia melalui benda-benda tertentu. Strigoi bisa mengubah wujudnya menjadi binatang, bisa tak terlihat, dan mengisap darah manusia. Strigoi juga dikenal sebagai makhluk yang abadi.
Strigoi berbeda dengan moroi. Strigoi adalah kerabat manusia serigala yang dikenal sebagai "pricolici" atau "varcolaci".
Nama strigoi berasal dari striga, bermakna "menjerit" atau "kandang burung hantu". Strigoi sering disamakan dengan vampir atau zombie. Strigoi memiliki rambut merah, mata biru, dan dua jantung. Strigoi bisa berubah menjadi berbagai hewan, seperi misalnya burung hantu, kelelawar, tikus, serigala, anjing, ular, katak, kadal, laba-laba, dll.

Vodyanoy

Vodyanoy (bahasa Rusia: "berair") atau vodyanoi adalah makhluk air dalam mitologi Slavia. Vodyanoy muncul dalam wujud pria tua telanjang dengan jenggot kehijauan dan rambut panjang, dan tubuhnya ditutupi sisik hitam serta alga. Vodyanoy memiliki jari berselaput, ekor ikan, dan mata merah membara. Dia biasanya berenang di sepanjang sungai, kadang-kadang dengan berada di atas kayu yang mengapung. Vodyanoy dipercaya sebagai penyebab orang tenggelam.
Jika sedang marah, Vodyanoy menghancurkan bendungan, mengguyur penggilingan, dan mengenggelamkan orang atau hewan. Vodyanoy menarik orang ke kediaamnnya di dasar sungai untuk dijadikan budaknya. Supaya tidak diganggu oleh Vodyanoy, nelayan dan pekerja penggilingan memberikan persembahan untuknya.

Troll

Troll berasal dari legenda scandinavia. Disebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa didalam pegunungan. Saat malam tiba mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak2. Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil.

Echidna

Echidna adalah mahluk dari mitologi yunani, sering digambarkan sebagai perempuan setengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahluk mengerikan yang muncul dalam mitologi yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of all Monsters. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus namun kalah. Typhon kemudian disegel dibawah gunung Etna. Sementara Echidna dan anak2nya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidnya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus...

0 comments: